Jika Khofifah Gagal, KarSa Lebih Mudah

0 komentar


jika pasangan Khofifah Indar Parawansa - Herman Sumawiredja, dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) sebagai salah satu kandidat dalam ajang pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim, Agustus mendatang, maka akan menguntungkan pasangan Soekarwo - Saifullah Yusuf (KarSa).

Hal itu dikarenakan, Pilgub 2008 antara Khofifah (saat itu berpasangan dengan Mujiono) dan KarSa sempat bersaing, kekuatan basis massa diantara keduanya terlihat berimbang. Sekalipun berbeda akan tetapi sangat tipis. Khususnya di Madura. "Mereka kan pernah bersaing sebelumnya di Pilgub 2008, sekalipun pada akhirnya dimenangkan KarSa," kata Suroso".

yang menjadi keuntungan dan peluang bagi KarSa II atas 'gagal'nya Khofifah maju sebagai calon gubernur Jatim mendatang, basis massa Khofifah yang notabene warga Nahdzatul Ulama (NU) dimungkinkan akan mengalihkan dukungannya pada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai calon wakil gubernur Soekarwo. "Gus Ipul kan mantan ketua Anshor (lembaga di bawah naungan NU). Pastinya KarSa akan mendapat dukungan dari NU,".

bilamana hanya ada dua calon Pilgub 2013 antara KarSa dengan Bambang DH - Said Abdullah (BangSa). Kemungkinan besar, KarSa akan mendominasi perolehan suara di Jatim. Hal itu dikarenakan, basis massa KarSa sampai saat ini masih massif. Sedangkan BangSa masih dalam tahap 'penjajakan'. [pin/but]


Poskan Komentar